5. FUNGSI RANK, DATA SORT CHART DAN COUNTIF
A. fungsi rank
adalah salah satu fungsi dari bagian statistik dalam miscrosoft excel yang bertujuan atau menghasilkan nomor urut suatu nilai dalam suatu daftar nilai . penggunaan fungs rank cocok untuk aplikasi dalam memberikan peringkat
B. fungsi data short
adalah untuk mensostir sebuah data baik itu angka dari 0 sd 9 atau 9 sd 0, dan huruf dari A sd Z atau Z sd A. sedangkan filter pada aplikasi exel adalah untuk memilih data sesuai data yangg di saring yang di inginkan .misalnya hanya menampilkan data yang nilainnnya lebih dari 70 atau menampilkan data dari wilayah tertentu dan sebagainya
C. fungsi countif
digunkan untuk menghitung jumlah sel pada sebuah range data yang memenuhi kriteria atau syarat tunggal yang kita ttemukan .fungsi dan rumus countif ini pada dasarnya memiliki kegunaan yang sama dengan fungsi count yaitu untuk menghitung banyaknya data
http://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/solusi-tarik-tunai-di-atm--gagal_9.html?m=1
A. fungsi rank
adalah salah satu fungsi dari bagian statistik dalam miscrosoft excel yang bertujuan atau menghasilkan nomor urut suatu nilai dalam suatu daftar nilai . penggunaan fungs rank cocok untuk aplikasi dalam memberikan peringkat
Mengembalikan peringkat sebuah angka dalam satu daftar
angka. Peringkat sebuah angka adalah besarnya angka tersebut yang relatif
terhadap nilai lain di daftar. (Jika Anda mengurutkan daftar, peringkat sebuah
angka adalah posisinya.)
Penting: Fungsi ini sudah digantikan oleh satu atau beberapa
fungsi baru yang mungkin lebih akurat dan yang namanya lebih mencerminkan
penggunaannya. Meskipun fungsi ini masih tersedia untuk kompatibilitas mundur,
Anda harus mempertimbangkan menggunakan fungsi baru mulai dari sekarang, karena
fungsi ini mungkin tidak tersedia di versi Excel mendatang.
Untuk informasi selengkapnya tentang fungsi baru ini, lihat
fungsi RANK.AVG dan fungsi RANK.EQ.
Sintaks
RANK(number,ref,[order])
Sintaks fungsi RANK memiliki argumen berikut:
Number Diperlukan.
Angka yang peringkatnya ingin Anda temukan.
Ref Diperlukan.
Sebuah array dari, atau referensi ke, daftar angka. Nilai nonnumerik di ref
diabaikan.
Order Opsional.
Angka yang menentukan cara menetapkan peringkat.
Jika urutan adalah 0 (nol) atau dihilangkan, Microsoft Excel
menetapkan peringkat angka seolah-olah ref adalah daftar yang diurutkan dalam
urutan turun.
Jika urutan adalah nilai bukan nol, Microsoft Excel
menetapkan peringkat seolah-olah ref adalah daftar yang diurutkan dalam urutan
naik.
Keterangan
RANK memberi peringkat yang sama untuk angka duplikat.
Namun, kehadiran angka duplikat mempengaruhi peringkat angka selanjutnya.
Sebagai contoh, dalam daftar bilangan bulat yang diurutkan dalam urutan naik,
jika angka 10 muncul dua kali dan memiliki peringkat 5, maka angka 11 akan
memiliki peringkat 7 (tidak ada angka yang memiliki peringkat 6).
Untuk beberapa tujuan Anda mungkin ingin menggunakan
definisi peringkat yang mempertimbangkan kesamaan. Di contoh sebelumnya, Anda
ingin peringkat 5,5 yang direvisi untuk angka 10. Ini bisa dilakukan dengan
menambah faktor koreksi berikut ke nilai yang dikembalikan oleh fungsi RANK.
Faktor koreksi ini sesuai untuk kedua kasus di mana peringkat dihitung dalam
urutan turun (urutan = 0 atau dihilangkan) atau urutan naik (urutan = nilai
bukan nol).
Faktor koreksi untuk peringkat yang sama=[COUNT(ref) + 1 –
RANK(angka, ref, 0) – RANK(angka, ref, 1)]/2.
Di contoh berikut ini, RANK(A2,A1:A5,1) sama dengan 3.
Faktor koreksi adalah (5 + 1 – 2 – 3)/2 = 0.5 dan peringkat yang direvisi yang
mempertimbangkan kesamaan adalah 3 + 0.5 = 3.5. Jika angka hanya muncul sekali
di ref, faktor koreksi adalah 0, karena fungsi RANK tidak perlu disesuaikan
untuk peringkat yang sama.
Contoh
Salin contoh data dalam tabel berikut dan tempelkan ke dalam
sel A lembar kerja Excel yang baru. Agar rumus menunjukkan hasil, pilih
datanya, tekan F2, lalu tekan Enter. Jika perlu, Anda bisa menyesuaikan lebar
kolom untuk melihat semua data.
B. fungsi data short
adalah untuk mensostir sebuah data baik itu angka dari 0 sd 9 atau 9 sd 0, dan huruf dari A sd Z atau Z sd A. sedangkan filter pada aplikasi exel adalah untuk memilih data sesuai data yangg di saring yang di inginkan .misalnya hanya menampilkan data yang nilainnnya lebih dari 70 atau menampilkan data dari wilayah tertentu dan sebagainya
Fungsi SORT mengurutkan konten rentang atau larik.
Dalam contoh ini, kami mengurutkan menurut Kawasan, Staf
Penjualan, dan Produk secara individual dengan =SORT(A2:A17), yang disalin
dalam sel F2, H2, dan J2.
Gunakan fungsi SORT untuk mengurutkan rentang data. Di sini,
kami menggunakan =SORT(A2:A17) untuk mengurutkan Kawasan, lalu disalin ke sel
H2 & J2 untuk mengurutkan nama Staf Penjualan, dan Produk.
Catatan: 24 September 2018: Fungsi SORT adalah salah satu
dari beberapa fitur beta dan saat ini hanya tersedia untuk sebagian Office
Insider. Kami akan terus mengoptimalkan fitur-fitur ini dalam beberapa bulan ke
depan. Jika sudah siap, kami akan merilisnya untuk semua Office Insider serta
pelanggan Office 365.
Sintaksis
Contoh
Catatan: Contoh yang ditampilkan di sini tersedia dalam buku
kerja yang dapat diunduh ini: Contoh fungsi SORT.
C. fungsi countif
digunkan untuk menghitung jumlah sel pada sebuah range data yang memenuhi kriteria atau syarat tunggal yang kita ttemukan .fungsi dan rumus countif ini pada dasarnya memiliki kegunaan yang sama dengan fungsi count yaitu untuk menghitung banyaknya data
Fungsi COUNTIF adalah Fungsi Excel yang digunakan untuk
mencacah / menghitung jumlah sel berdasarkan pada syarat / kriteria tunggal
tertentu
Fungsi ini dapat digunakan sebagai rumus excel untuk
menghitung jumlah data yang sama, menghitung jumlah cell yang terisi,
menghitung sel yang berisi teks tertentu, menghitung jumlah angka namun dengan
kriteria tertentu, dll.
Misal menghitung sel yang berisi kata "apel",
menghitung sel yang berisi angka diatas 50, dll.
Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel pada
sebuah range data yang memenuhi kriteria atau syarat tunggal yang kita
tentukan.
Fungsi atau rumus countif ini pada dasarnya memiliki
kegunaan yang sama dengan fungsi COUNT yaitu untuk menghitung banyaknya data.
Namun pada fungsi COUNTIF, banyaknya data ini hanya akan dihitung jika sesuai
dengan kriteria, syarat atau kondisi tertentu.
Fungsi ini sama-sama dalam kelompok atau kategori fungsi
Statistical dalam program Excel. Fungsi yang terdapat dalam kategori ini
digunakan untuk menghitung atau menganalisa data yang didasarkan pada
perbandingan suatu kondisi atau kriteria tertentu sehingga fungsi-fungsi yang
termasuk dalam kategori ini lazim disebut juga dengan Conditional Functions.
CARA MENGGUNAKAN FUNGSI COUNTIF
Dalam rumus exel, cara penulisan atau cara menggunakan
fungsi excel COUNTIF adalah sebagai berikut:
COUNTIF(Range; Kriteria)
Dari sintaks tersebut bisa kita fahami bahwa fungsi ini
memiliki dua argument:
Range
Satu atau beberapa sel yang akan dihitung, berisi angka atau
nama range, array, atau referensi yang berisi angka.
Kriteria
Dapat berupa Angka, ekspresi logika, referensi sel, atau
string teks sebagai syarat atau kondisi sel yang akan dihitung.
CONTOH RUMUS COUNTIF
Contoh Fungsi CountIf Excel 1
Contoh pertama pada cell E4 di atas menggunakan rumus
countif:
=COUNTIF(C2:C8;80)
Rumus diatas menghitung jumlah sel (cell) pada range C2:C8
yang isinya bernilai 80. Jumlahnya ada 2.
Pada contoh kedua (E7), rumus countif yang digunakan:
=COUNTIF(C2:C8;">80")
Rumus excel countif diatas digunakan untuk menghitung jumlah
sel pada range C2:C8 yang isinya bernilai lebih dari 80. Jumlahnya ada 3.
Saat menggunakan rumus Countif Excel, kriteria teks atau kriteria apa pun
yang mencakup simbol ekpresi logika atau matematika harus disertakan dalam
tanda kutip ganda ("..."). Jika kriteria adalah numerik, tanda kutip
ganda tidak diperlukan.
Penjelasan tentang ekspresi logika bisa dibaca pada halaman
berikut: Operator Perhitungan dalam Rumus Microsoft Excel
Untuk gabungan simbol ekpresi logika perbandingan dan
referensi sel, cara penulisannya digabung dengan karakter & seperti contoh
berikut:
Contoh Fungsi CountIf Excel 2
=COUNTIF(C2:C8;">"&E4)
Kriteria pada fungsi Countif tidak peka huruf besar kecil ;
misalnya, string "APEL" dan string "apel" dianggap sama.
Contoh Fungsi CountIf
Excel 3
Pada rumus diatas teks Apel, APEL, aPEL, apel dianggap sama.
Pada fungsi countif ini kita juga bisa menggunakan karakter
tanda wilcard tanya (?) dan tanda bintang (*) sebagai argumen kriteria. Tanda
tanya (?) mewakili karakter tunggal apa pun; tanda bintang mewakili banyak
karakter.
Perhatikan contoh berikut:
Contoh Fungsi CountIf Excel 4
Pada cell D4, rumus countif menghitung setiap sel yang
diawali dengan teks "Apel".
=COUNTIF(B2:B8;"Apel*")
Sedangkan pada rumus kedua (D5) fungsi countif menghitung
banyak sel yang diakhiri dengan teks "Manis".
=COUNTIF(B2:B8;"*Manis")
Kreteria sel yang bisa diterapkan pada fungsi countif ini
hanya satu saja, Jika menghendaki menerapkan syarat sel yang dihitung banyaknya
lebih dari satu maka gunakanlah fungsi countifs.
Khusus untuk menghitung cell yang kosong atau tidak kosong
Anda bisa menggunakan fungsi COUNTA atau COUNTBLANK.
http://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/solusi-tarik-tunai-di-atm--gagal_9.html?m=1
Komentar
Posting Komentar