5. FUNGSI RANK, DATA SORT CHART DAN COUNTIF

A. fungsi rank
adalah salah satu fungsi dari bagian statistik dalam miscrosoft excel yang bertujuan atau menghasilkan nomor urut suatu nilai dalam suatu daftar nilai . penggunaan fungs rank cocok untuk aplikasi dalam memberikan peringkat


Mengembalikan peringkat sebuah angka dalam satu daftar angka. Peringkat sebuah angka adalah besarnya angka tersebut yang relatif terhadap nilai lain di daftar. (Jika Anda mengurutkan daftar, peringkat sebuah angka adalah posisinya.)

Penting: Fungsi ini sudah digantikan oleh satu atau beberapa fungsi baru yang mungkin lebih akurat dan yang namanya lebih mencerminkan penggunaannya. Meskipun fungsi ini masih tersedia untuk kompatibilitas mundur, Anda harus mempertimbangkan menggunakan fungsi baru mulai dari sekarang, karena fungsi ini mungkin tidak tersedia di versi Excel mendatang.

Untuk informasi selengkapnya tentang fungsi baru ini, lihat fungsi RANK.AVG dan fungsi RANK.EQ.

Sintaks
RANK(number,ref,[order])

Sintaks fungsi RANK memiliki argumen berikut:

Number     Diperlukan. Angka yang peringkatnya ingin Anda temukan.

Ref     Diperlukan. Sebuah array dari, atau referensi ke, daftar angka. Nilai nonnumerik di ref diabaikan.

Order     Opsional. Angka yang menentukan cara menetapkan peringkat.

Jika urutan adalah 0 (nol) atau dihilangkan, Microsoft Excel menetapkan peringkat angka seolah-olah ref adalah daftar yang diurutkan dalam urutan turun.

Jika urutan adalah nilai bukan nol, Microsoft Excel menetapkan peringkat seolah-olah ref adalah daftar yang diurutkan dalam urutan naik.

Keterangan
RANK memberi peringkat yang sama untuk angka duplikat. Namun, kehadiran angka duplikat mempengaruhi peringkat angka selanjutnya. Sebagai contoh, dalam daftar bilangan bulat yang diurutkan dalam urutan naik, jika angka 10 muncul dua kali dan memiliki peringkat 5, maka angka 11 akan memiliki peringkat 7 (tidak ada angka yang memiliki peringkat 6).

Untuk beberapa tujuan Anda mungkin ingin menggunakan definisi peringkat yang mempertimbangkan kesamaan. Di contoh sebelumnya, Anda ingin peringkat 5,5 yang direvisi untuk angka 10. Ini bisa dilakukan dengan menambah faktor koreksi berikut ke nilai yang dikembalikan oleh fungsi RANK. Faktor koreksi ini sesuai untuk kedua kasus di mana peringkat dihitung dalam urutan turun (urutan = 0 atau dihilangkan) atau urutan naik (urutan = nilai bukan nol).

Faktor koreksi untuk peringkat yang sama=[COUNT(ref) + 1 – RANK(angka, ref, 0) – RANK(angka, ref, 1)]/2.

Di contoh berikut ini, RANK(A2,A1:A5,1) sama dengan 3. Faktor koreksi adalah (5 + 1 – 2 – 3)/2 = 0.5 dan peringkat yang direvisi yang mempertimbangkan kesamaan adalah 3 + 0.5 = 3.5. Jika angka hanya muncul sekali di ref, faktor koreksi adalah 0, karena fungsi RANK tidak perlu disesuaikan untuk peringkat yang sama.

Contoh
Salin contoh data dalam tabel berikut dan tempelkan ke dalam sel A lembar kerja Excel yang baru. Agar rumus menunjukkan hasil, pilih datanya, tekan F2, lalu tekan Enter. Jika perlu, Anda bisa menyesuaikan lebar kolom untuk melihat semua data.

 


B. fungsi data short
adalah untuk mensostir sebuah data baik itu  angka dari 0 sd 9 atau 9 sd 0, dan huruf dari A sd Z atau Z sd A. sedangkan filter pada aplikasi exel adalah untuk memilih data sesuai data yangg di saring yang di inginkan .misalnya hanya menampilkan data yang nilainnnya lebih dari 70 atau menampilkan data dari wilayah tertentu dan sebagainya


Fungsi SORT mengurutkan konten rentang atau larik.

Dalam contoh ini, kami mengurutkan menurut Kawasan, Staf Penjualan, dan Produk secara individual dengan =SORT(A2:A17), yang disalin dalam sel F2, H2, dan J2.

Gunakan fungsi SORT untuk mengurutkan rentang data. Di sini, kami menggunakan =SORT(A2:A17) untuk mengurutkan Kawasan, lalu disalin ke sel H2 & J2 untuk mengurutkan nama Staf Penjualan, dan Produk.

Catatan: 24 September 2018: Fungsi SORT adalah salah satu dari beberapa fitur beta dan saat ini hanya tersedia untuk sebagian Office Insider. Kami akan terus mengoptimalkan fitur-fitur ini dalam beberapa bulan ke depan. Jika sudah siap, kami akan merilisnya untuk semua Office Insider serta pelanggan Office 365.

Sintaksis
Contoh
Catatan: Contoh yang ditampilkan di sini tersedia dalam buku kerja yang dapat diunduh ini: Contoh fungsi SORT.

 


C. fungsi countif
digunkan untuk menghitung jumlah sel pada sebuah range data yang memenuhi kriteria atau syarat tunggal yang kita ttemukan .fungsi dan rumus countif ini pada dasarnya memiliki kegunaan yang sama  dengan fungsi count yaitu untuk menghitung banyaknya data


Fungsi COUNTIF adalah Fungsi Excel yang digunakan untuk mencacah / menghitung jumlah sel berdasarkan pada syarat / kriteria tunggal tertentu


Fungsi ini dapat digunakan sebagai rumus excel untuk menghitung jumlah data yang sama, menghitung jumlah cell yang terisi, menghitung sel yang berisi teks tertentu, menghitung jumlah angka namun dengan kriteria tertentu, dll.

Misal menghitung sel yang berisi kata "apel", menghitung sel yang berisi angka diatas 50, dll.

Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel pada sebuah range data yang memenuhi kriteria atau syarat tunggal yang kita tentukan.

Fungsi atau rumus countif ini pada dasarnya memiliki kegunaan yang sama dengan fungsi COUNT yaitu untuk menghitung banyaknya data. Namun pada fungsi COUNTIF, banyaknya data ini hanya akan dihitung jika sesuai dengan kriteria, syarat atau kondisi tertentu.

Fungsi ini sama-sama dalam kelompok atau kategori fungsi Statistical dalam program Excel. Fungsi yang terdapat dalam kategori ini digunakan untuk menghitung atau menganalisa data yang didasarkan pada perbandingan suatu kondisi atau kriteria tertentu sehingga fungsi-fungsi yang termasuk dalam kategori ini lazim disebut juga dengan Conditional Functions.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI COUNTIF

Dalam rumus exel, cara penulisan atau cara menggunakan fungsi excel COUNTIF adalah sebagai berikut:

COUNTIF(Range; Kriteria)

Dari sintaks tersebut bisa kita fahami bahwa fungsi ini memiliki dua argument:
Range
Satu atau beberapa sel yang akan dihitung, berisi angka atau nama range, array, atau referensi yang berisi angka.
Kriteria
Dapat berupa Angka, ekspresi logika, referensi sel, atau string teks sebagai syarat atau kondisi sel yang akan dihitung.

CONTOH RUMUS COUNTIF

Contoh Fungsi CountIf Excel 1

Contoh pertama pada cell E4 di atas menggunakan rumus countif:

=COUNTIF(C2:C8;80)

Rumus diatas menghitung jumlah sel (cell) pada range C2:C8 yang isinya bernilai 80. Jumlahnya ada 2.

Pada contoh kedua (E7), rumus countif yang digunakan:


 =COUNTIF(C2:C8;">80")

Rumus excel countif diatas digunakan untuk menghitung jumlah sel pada range C2:C8 yang isinya bernilai lebih dari 80. Jumlahnya ada 3.

Saat menggunakan rumus Countif  Excel, kriteria teks atau kriteria apa pun yang mencakup simbol ekpresi logika atau matematika harus disertakan dalam tanda kutip ganda ("..."). Jika kriteria adalah numerik, tanda kutip ganda tidak diperlukan.

Penjelasan tentang ekspresi logika bisa dibaca pada halaman berikut: Operator Perhitungan dalam Rumus Microsoft Excel

Untuk gabungan simbol ekpresi logika perbandingan dan referensi sel, cara penulisannya digabung dengan karakter & seperti contoh berikut:

Contoh Fungsi CountIf Excel 2

=COUNTIF(C2:C8;">"&E4)

Kriteria pada fungsi Countif tidak peka huruf besar kecil ; misalnya, string "APEL" dan string "apel" dianggap sama.


 Contoh Fungsi CountIf Excel 3

Pada rumus diatas teks Apel, APEL, aPEL, apel dianggap sama.

Pada fungsi countif ini kita juga bisa menggunakan karakter tanda wilcard tanya (?) dan tanda bintang (*) sebagai argumen kriteria. Tanda tanya (?) mewakili karakter tunggal apa pun; tanda bintang mewakili banyak karakter.

Perhatikan contoh berikut:

Contoh Fungsi CountIf Excel 4

Pada cell D4, rumus countif menghitung setiap sel yang diawali dengan teks "Apel".

=COUNTIF(B2:B8;"Apel*")

Sedangkan pada rumus kedua (D5) fungsi countif menghitung banyak sel yang diakhiri dengan teks "Manis".

=COUNTIF(B2:B8;"*Manis")

Kreteria sel yang bisa diterapkan pada fungsi countif ini hanya satu saja, Jika menghendaki menerapkan syarat sel yang dihitung banyaknya lebih dari satu maka gunakanlah fungsi countifs.

Khusus untuk menghitung cell yang kosong atau tidak kosong Anda bisa menggunakan fungsi COUNTA atau COUNTBLANK.
  

http://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/solusi-tarik-tunai-di-atm--gagal_9.html?m=1

Komentar